Sejarah Kejuaraan Sepak Bola Eropa

Pertama kali dimainkan pada tahun 1960 dengan nama UEFA European Nations Cup, ide liga sepak bola Eropa populer ini pertama kali dikemukakan oleh Henri Delaunay pada tahun 1927 yang merupakan anggota Federasi Sepak Bola Prancis. Akhirnya pada tahun 1960, mimpinya menjadi kenyataan dan turnamen diadakan di Perancis. Untuk menghormatinya, trofi turnamen diberi nama Trofi Henri Deluanay. 17 tim berpartisipasi dimana tiga tim tidak bermain – Jerman Barat, Inggris dan Italia. Di antara 14 tim yang tersisa, USSR berhasil mencapai final dan memenangkan trofi turnamen pertama prediksi bola malam ini dengan mengakali Yugoslavia dengan skor 2-1.

Setelah itu, nama turnamen ini diubah menjadi Kejuaraan Sepak Bola Eropa pada tahun 1968 dan kemudian sejak tahun 1992 turnamen ini menjadi terkenal dengan sebutan Euro. Diselenggarakan setiap empat tahun sekali; laporan statistik menunjukkan bahwa ini adalah turnamen olahraga terpopuler ketiga di dunia setelah Olimpiade dan Piala Dunia. Sejauh ini, 13 turnamen telah dimainkan dan Euro 2012 ini merupakan sesi ke-14. Jerman adalah tim paling sukses di turnamen ini yang telah enam kali masuk final dan memenangkan gelar juara tiga kali.

Pada tahun 1964, Spanyol menjadi tuan rumah turnamen dengan 29 tim berpartisipasi dalam turnamen tersebut. Tuan rumah berhasil mengantongi gelar juara dengan mengalahkan juara bertahan Uni Soviet dengan skor 2-1.

Pada tahun 1968, nama turnamen diubah tetapi formatnya tetap sama dengan dua tim baru. Diadakan di Italia, gelar juara juga jatuh ke tangan negara tuan rumah ketika mereka mengalahkan Yugoslavia dalam pertandingan ulangan dengan skor 2-0. Insiden paling menonjol pada tahun itu adalah lemparan koin untuk menentukan pertandingan semifinal. Lemparan koin ini adalah kejadian pertama dan satu-satunya dalam sejarah Euro.

Belgia menjadi tuan rumah pada tahun 1972 ketika Jerman Barat (sekarang Jerman) memenangkan final mengalahkan Uni Soviet dengan skor 3-0.

Turnamen 1976 diadakan di Yugoslavia dan itu adalah tahun terakhir untuk mengakhiri dua hal – tim tuan rumah harus berada di final dan empat tim lolos ke final. Tahun itu juga terkenal dengan adu penalti yang baru diperkenalkan. Cekoslowakia memenangkan final.

Turnamen berikutnya pada tahun 1980 diselenggarakan dalam format baru di Italia. Konsep grup muncul dan delapan tim berpartisipasi dengan pemenang dari masing-masing grup masuk ke babak play-off dan kemudian ke final. Jerman Barat menang sekali lagi dan ini adalah gelar juara kedua mereka.

Pada tahun 1984, konsep semifinal juga muncul yang memberikan format baru untuk turnamen ini. Prancis memenangkan turnamen dengan menghancurkan Spanyol 2-0. Michel Platini saat itu adalah Kapten Prancis yang merupakan pemain turnamen yang mengesankan. Dia mencetak 9 gol dalam 5 pertandingan.

Juara dua kali, Jerman Barat menjadi tuan rumah turnamen 1988 di mana Belanda mengalahkan tuan rumah untuk merebut gelar juara. Tahun ini masih dianggap sebagai tahun gemilang dalam sejarah sepak bola karena Marco van Basten membuat gol spektakuler melewati kiper langsung dari sayap kanan.

Kemudian di Swedia pada tahun 1992 ketika Kejuaraan Sepak Bola Eropa menjadi Euro 1992 untuk pertama kalinya! Denmark memenangkan liga dengan mengalahkan Jerman bersatu dengan 2-0. Yugoslavia tidak diizinkan untuk berpartisipasi dalam turnamen tahun itu karena mereka sedang dalam keadaan perang.

16 tim berpartisipasi UEFA Euro 1996yang diselenggarakan di Inggris. Jerman mengalahkan negara bagian yang baru dibentuk Republik Ceko dengan skor 2-1 dan kembali mengantongi trofi juara untuk ketiga kalinya. Tetapi untuk Jerman bersatu, ini adalah pertama kalinya.

Belgia dan Belanda adalah tuan rumah Euro 2000 ketika Prancis menjadi kaisar sepakbola. Seperti yang diharapkan oleh seluruh dunia, Prancis kembali berhasil mempertahankan posisinya sebagai juara saat mengalahkan Italia dengan skor 2-1.

Trofi kejuaraan UEFA Euro 2004 yang diadakan di Portugal dimenangkan oleh Yunani yang mengalahkan tim tuan rumah dengan skor 1-0 di final.

Swiss dan Austria, lagi-lagi dua negara tuan rumah UEFA Euro 2008 dimana Spanyol mengalahkan Jerman dengan skor 1-0 di final untuk menjadi juara.

 

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *